Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien

Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien

Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien Untuk Para Fotografer Pemula, Membuat Portofolio, Melatih Soft Skill, Relasi atau Koneksi, Sitem yang Jelas..

Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien – Halo sahabat dokumentasi kali ini jasadokumentasi.com akan membagikan 5 Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien, nah 5 tips ini kami pelajari juga Berdasarkan pengalaman dari awal kami masuk dan terjun di dunia fotografi, selain itu kami belajar juga dari internet dari YouTube video-video yang lainnya dan juga tentunya baca-baca dari buku.

Mari kita simak Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien berikut ini :

  1. Membuat Portofolio

Untuk tips yang pertama ini adalah kita harus membuat portofolio yang bagus, menarik maupun yang Profesional, nah untuk portofolio ini sendiri kami akan bagi menjadi 2, yaitu seperti ini namanya Portofolio Online dan juga Portofolio Offline.

Apasih Protofolio Online dan Portofolio Offline itu?

  • Portofolio Online kita sudah tahu kita bisa pakai media sosial seperti yang lagi terkenal sekali seperti sekarang adalah Instagram menurut kami sendiri Instagram ini sangat sangatlah berguna karena kita bisa pajang atau tampilkan hasil foto kita di sana dan juga agar calon klien kita bisa lihat hasil hasil karya kita di sana.
  • Sedangkan untuk Portofolio Offline misalnya buku album, Inilah salah satu contoh Portofolio Offline yaitu buku Album Foto seperti dibawah ini :

Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien Untuk Para Fotografer Pemula, Membuat Portofolio, Melatih Soft Skill, Relasi atau Koneksi, Sitem yang Jelas.. Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien Untuk Para Fotografer Pemula, Membuat Portofolio, Melatih Soft Skill, Relasi atau Koneksi, Sitem yang Jelas.. jasa cetak album foto, jasa cetak kolase di jakarta, jasa cetak kolase murah di jakarta

Album Foto ini juga biasanya kami bawa pada saat misalnya calon client minta ketemu. Nah jadi pada saat ketemu kami Bisa tunjukkan Album Foto ini ke calon clien yang menurut kami portofolio ini adalah senjata bagi para fotografer tentunya, karena selain bisa lebih yakin sama fotografernya klien juga sudah bisa melihat langsung hasilnya dan kualitas dari fotonya, dan tentunya selain album foto ini, seperti yang kami tampilkan dibawah ini ada beberapa juga foto-foto kanvas.

Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien Untuk Para Fotografer Pemula, Membuat Portofolio, Melatih Soft Skill, Relasi atau Koneksi, Sitem yang Jelas..jasa cetak foto canvas

Menurut kami kurang lebih seperti itulah Portofolio Offline dan juga Portofolio Online. Dan tentu saja portofolio yang bagus ini sangat sangat penting karena ini yang akan mengantar klien atau calon klien untuk datang ke kita untuk memakai jasa kita akhirnya. Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien

Tips juga buat kita yang membuat portofolio yang bagus tidak boleh sembarangan. Maksudnya bagaimana? maksudnya begini Kalau kita mau jadi fotografer wedding/pernikahan jangan buat portofolio tentang makanan, jadi dari awal kita harus juga tahu kita ini pengennya jadi fotografer apa, kalau misalnya kita ingin menjadi fotografer food/makanan kita harus perbanyak portofolio kita tentang food/makanan tersebut dan hanya motret tentang makanan saja dan kalau misalnya kita mau jadi fotografer tentang fashion tentu saja kita harus banyak-banyak belajar tentang fashion, kita juga harus banyak-banyak Lihat referensi di internet tentang fotografi fashion. Kalau kita mau jadi fotografer wedding/pernikahan kita juga harus banyak-banyak Lihat referensi di Instagram atau di Pinterest atau di mana saja, dan kita juga harus banyak bikin portofolionya tentang wedding itu.

Jadi kita tidak boleh sembarangan dalam buat portofolio juga supaya kita tidak buang-buang waktu, kuncinya juga kita harus sabar dan konsisten. Kalau misalnya kita sudah bikin portofolio yang terbaik tapi ternyata belum ada klien yang datang tidak apa-apa yang terpenting kita konsisten saja dulu dan tetap terus berkarya, karena kami yakin kalau hasil kita bagus tidak mungkin tidak ada yang mau pakai jasa dokumentasi kita. Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien

  1. Melatih Soft Skill

Untuk poin yang kedua ini tidak kalah penting yaitu kita harus bisa Melatih Soft Skill kita. Bagaimana cara kita untuk berkomunikasi dengan orang, melatih cara berkomunikasi ini juga sangat penting karena sepanjang perjalanan karir fotografi kita, kita akan ketemu dengan calon calon klien kita dan akan ketemu dengan banyak sekali tipe-tipe orang karena fotografi menurut kami bukan hanya tentang skill 100% tetapi juga tentang karakter si fotografernya itu juga yang akan mempengaruhi Apakah calon klien ingin memakai kita atau tidak.

Selain karena portofolio yang bagus hasil yang bagus, klien juga akan memilih fotografer yang karakternya baik juga atau soft sklinya baik dan Bagaimana caranya treatment klien Bagaimana caranya menghadapi klien, nah ini juga penting di saat hari fotonya nanti fotonya bisa bagus atau tidak tergantung dari si fotografernya soft skill nya Bagaimana, contohnya pada saat Mengarahkan foto prewedding Bagaimana caranya si fotografernya bisa mengeluarkan mood kliennya, Bagaimana cara untuk bisa memperbaiki mood mengangkat mood, dan Bagaimana caranya untuk mengarahkan fotonya supaya tidak kuat supaya tidak kelihatan terlalu dibuat-buat. Softskill ini juga sangat penting untuk hasil foto, hasil fotonya nanti bisa bagus atau tidak, Ini juga tergantung Bagaimana cara si fotografernya mengarahkan atau membangun mood atau berkomunikasi dengan klien itu sendiri. Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien

  1. Relasi atau Koneksi

Nah untuk poin yang Ketiga ini adalah Relasi atau Koneksi poin ini sangat penting karena kebanyakan calon-calon klien kita yang pertama itu adalah orang-orang terdekat kita dulu, setelah orang-orang terdekat kita memakai jasa kita dan ternyata mereka puas dengan hasilnya maka mouth to mouth marketing itu akan terjadi dan hasil karya kita akan tersebar luas karena orang-orang terdekat puas dengan hasilnya mereka pasti akan cerita ke teman-temannya dan juga yang terpenting kita harus banyak-banyak bergaul, banyak-banyak cari teman, toh ini juga tidak ada ruginya buat kita. Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien

  1. Sitem yang Jelas

Di point keempat ini adalah tentang Sistem yang Jelas. Karena setelah klien datang ke kita Mereka ternyata suka dengan hasil foto kita mereka pasti akan bertanya seperti ini Contohnya :

  • Kalau saya mau foto prewedding Harganya berapa?
  • Ada tidak pricelistnya?

mereka pasti tanyakan itu, dan kita harus belajar untuk profesional dan kita harus buat pricelistnya sebagus mungkin dan sedetail mungkin dan sejelas mungkin, dengan bahasa yang klien mudah mengerti.

Tips untuk membuat price list ini kita harus membuatnya dengan singkat padat dan jelas. Kenapa? supaya kliennya tidak bingung dan supaya pada saat lain melihat mereka tidak perlu Terlalu banyak bertanya mereka sudah mengerti sendiri apa bedanya paket A, Apa bedanya Paket B sama C, Kenapa Paket A lebih mahal, Kenapa Paket B lebih murah, kurang lebih seperti itu.

Dan juga ngomong-ngomong tentang sistem yang jelas setelah price list kita juga harus membuatkan surat kontrak atau biasanya dibilang hitam diatas putih. Untuk di dalam isi surat kontrak itu isinya seperti apa? Ya seperti perjanjian ada nama pelayan, ada data-data Clarion terus ada spesifikasi paket yang mereka ambil apa, selanjutnya juga di bawahnya nanti ada tanda tangan antara dua pihak ada si klien dan juga ada fotografernya itu sendiri, supaya sistemnya ini jelas dan ini juga akan membuat rasa aman ke client nya. Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien

  1. Promosi

Nah point penutup ini adalah Promosi di Point yang ini kita harus belajar untuk desain. Desain itu gunanya untuk apa? Desain biasanya digunakan untuk bikin brosur, poster atau bikin promosi online di sosial media misalnya Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya, dan tentunya kita juga harus bisa menampilkan sesuatu yang menarik, jadi ini juga sangat penting untuk belajar desain kalau misalnya kita tidak bisa kan sekarang banyak media-media yang bisa kita belajar seperti melalui YouTube ataupun lainya, karena sudah banyak sekali tutorial di sana-sini tentang Desain.

Desain ini juga pasti akan kita pakai misalnya untuk membuat price list dan juga membuat poster untuk media promosi maupun iklan Instagram, mungkin juga bisa kita gunakan untuk membuat surat kontrak kita, kita buat yang bagus dan profesional. Banyak hal yang perlu untuk kita desain supaya juga kelihatan profesional.

Nah Sekian dulu yang bisa jasadokumentasi.com bagikan tentang Tips Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Klien. Jika kalian suka dengan Artikel ini jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian dan semoga bisa bermanfaat juga…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *