Cara dan Tips Memilih Jasa Fotografi

Cara dan Tips Memilih Jasa Fotografi

Cara dan Tips Memilih Jasa Fotografi – Jasa Fotografi Jakarta – www.jasadokumentasi.com

Jasa fotografi merupakan salah satu kebutuhan yang punya peranan penting dalam mengabadikan momen-momen spesial, seperti acara pernikahan (wedding), pra-pernikahan (prewedding), acara kegiatan (event), pertemuan (meeting), dokumentasi (documentation) dan banyak lagi hal lainnya.

Pada postingan ini saya akan memberikan beberapa tips memilih jasa fotografi yang mungkin diperlukan mengingat banyaknya pertanyaan serta dilema antara harga, hasil, kualitas, dan kebutuhan klien yang memerlukan jasa fotografi.

Beberapa tips memilih jasa fotografi yang harus dicermati diantaranya :

  • Pahami kebutuhan jasa fotografi anda
    1. Sebelum anda memutuskan untuk memilih jasa fotografi dan team fotografer yang ditunjuk untuk dimintai jasa fotografinya anda harus tahu “Kebutuhan” jasa fotografi anda. Foto seperti apa yang anda butuhkan dan akan anda dapatkan nantinya sampai ke prosesi cetak dan kemasan akhir. Seperti jika anda membutuhkan jasa untuk acara pernikahan, mungkin anda membutuhkan hasil akhir berupa cetak pembesaran dengan bingkai serta album eksklusif dan lain sebagainya. Untuk acara dokumentasi acara biasanya membutuhkan “Softcopy File Master Photo” beserta cetak hasil akhir berupa cetakan standar beserta albumnya. Keseimpulannya, anda harus tahu kebutuhan seperti apa yang anda inginkan sebelum memilih jasa fotografi.
  • Kenali hasil karya fotografi yang akan dipilih
    1. Setelah anda tahu kebutuhan fotografi seperti apa yang anda butuhkan, langkah selanjutnya adalah mengenali hasil karya fotografer atau tim fotografer yang akan anda pilih. Kenapa? Tidak sedikit orang yang berkecimpung di dunia fotografi dan membuka layanan jasa fotografi di setiap daerah. Mulai dari yang sederhana dengan mengadalkan hasil kamera semata, tetapi juga tidak sedikit yang menggunakan teknis pengambilan serta proses yang baik sehingga memiliki hasil yang luar biasa. Tarifnya pun bermacam-macam, mulai dari tarif dengan harga yang terjangkau, sampai dengan tarif dengan harga yang mungkin fantastis. Oleh karenanya, kenalilah hasil karyanya.
    1. Cara mengenali hasil karyanya bisa dilihat melalui Portfolio/ Gallery Foto yang dipampangkan di internet, softcopy digital dengan media komputer, atau alangkah lebih baiknya jika anda bisa melihat sampai ke hasil akhir berupa cetakan foto yang mungkin anda butuhkan dengan bertemu langsung dengan pihak yang menjual jasa fotografi tersebut. Dan tidak heran jika terdapat berbagai macam tarif jasa fotografi dengan berbagai macam kriteria seperti :

Harga Mahal, Kualitas Bagus
Harga Mahal, Kualitas Buruk
Harga Murah, Kualitas Buruk
Harga Murah, Kualitas Bagus

    1. Jadi, apa yang anda butuhkan? Jangan terburu-buru yah. Silahkan lanjutkan membaca artikel ini dulu sampai selesai.
  • Kenali tim fotografer yang akan dipilih
    1. Hasil foto yang bagus untuk sebuah layanan jasa fotografi biasanya memiliki tim fotografi yang mengerti akan teknis, proses dan hasil akhir yang baik itu seperti apa. Anda harus mengenal tim fotografi yang nantinya akan anda tunjuk untuk memenuhi kebutuhan anda. Fotografer yang baik biasanya akan melakukan pendekatan terhadap klien dan mencoba mengerti akan kebutuhan klien seperti apa, dilanjutkan dengan improvisasi yang pas untuk disesuaikan dengan karakter klien dan berdiskusi mengenai kebutuhan untuk mendapatkan hasil akhir yang diharapkan.
  • Cari tahu prosesi jasa fotografi yang akan dipilih
    1. Untuk mendapatkan hasil akhir dari jasa fotografi yang sesuai keinginan, ada beberapa prosesi yang nantinya akan dijalani. Prosesi itu diantaranya proses pemotretan, proses editing, proses cetak, dan proses mengemas. Layanan jasa fotografi yang baik harus mampu mengerjakan setiap prosesnya dengan langkah professional mengutamakan kualitas dan berfokus pada hasil akhir yang dibutuhkan. Prosesi pemotretan, editing, mencetak sampai prosesi pengemasan harus dilakukan dengan professional dan sepenuh hati. Hal ini perlu dicermati karena untuk mendapatkan hasil akhir yang baik, bergantung ke semuanya. Tidak hanya baik di satu proses namun proses lainnya diabaikan sehingga kita mendapatkan hasil akhir yang kurang memuaskan.
  • Kaji dan bandingkan
    1. Langkah terakhir yang menjadi rangkuman tips memilih jasa fotografi adalah mengkaji dan membandingkan. Apa yang perlu dikaji dan dibandingkan? Saya berikan gambaran cara untuk mengkajinya yah.
    1. Jasa fotografi sekarang ini hampir terdapat di setiap daerah bukan? Tarifnya pun bermacam-macam. Sebagai klien kita berhak mendapatkan pelayanan terbaik dari jasa fotografi yang dibutuhkan. Namun, ada harga yang mesti dibayar untuk itu. Kaji kalimat berikut! “Tidak Semua yang Mahal itu Bagus dan Tidak Semua yang Bagus itu Mahal.”
    1. Misalkan, anda membutuhkan jasa fotografi untuk dokumentasi. Tentunya berbeda dengan kebutuhan untuk Wedding atau Prewedding bukan? Jasa fotografi untuk dokumentasi biasanya membutuhkan banyak cetakan mengutamakan hasil yang terdapat gambaran dari setiap moment kegiatan yang dijalankan saja. Bahkan saya pernah mendapatkan klien yang membutuhkan jasa fotografinya saja tanpa mesti ada foto yang dicetak. Anda bisa membandingkan besaran tarif dari beberapa daftar tarif jasa fotografi yang anda dapatkan dari berbagai sumber. Kemudian anda bisa diskusikan dengan tim fotografer yang anda tunjuk mengenai kesesuaian tarifnya.
    1. Nah, untuk momen spesial seperti Wedding atau Prewedding yang mungkin terjadi satu kali dalam seumur hidup, anda mesti benar-benar matang untuk memutuskan jasa fotografi mana yang akan anda tunjuk karena jika sudah menentukan tetapi mendapatkan hasil akhir yang kurang memuaskan. Hal tersebut tidak bisa diulang kembali.
    1. Jika pada tulisan di atas saya sudah memberikan 4 karakter jasa fotografi yang umumnya ada. Di bawah ini saya akan menggambarkan 4 karakter klien yang juga ada pada umumnya. Yaitu :
      • Klien dengan selara bagus harga bagus. Yaitu klien yang rela merogoh kocek berapapun asalkan mendapakan hasil sesuai yang diharapkan.
      • Klien dengan selera bagus harga buruk. Yaitu klien yang memiliki selera bagus namun enggan merogoh kocek banyak. Bukan sebuah masalah, karena itu juga merupakan hak klien untuk mendapatkan pelayanan sebaik mungkin.
      • Klien dengan selera buruk harga bagus. Yaitu klien yang tidak mengerti akan hasil akhir yang bagus namun berani merogoh kocek dalam-dalam hanya karena faktor gengsi dan biasanya berbicara “terserah tim fotografi sajalah”. Dan yang terakhir . . . .
      • Klien dengan selera buruk harga buruk. Hehe . . . Klien ini biasanya tidak mengerti akan hasil, ditambah tidak mengeri teknis dan prosesi, yang penting ada fotonya, gak peduli diambil menggunakan kamera apa, hasil akhir seperti apa, yang jelas ia hanya mampu membayar sesuai yang ia mau.

Nah, bagaimana? Masih ada pertanyaan?
Anda bisa mengirimkan pesan ke eMail :

Cara dan Tips Memilih Jasa Fotografi, Fotografer Event, Company Profile, Prewedding, Wedding & Pesta Fotograf · Layanan Photobooth · Jasa Liputan Video. JFJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.