Lompat ke konten

Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula

Cara Menjadi Videografer Pemula

Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula – Halo guys jadi kali ini jasadokumentasi.com akan memberikan tips bagi para videografi pemula yaitu Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula untuk melakukan dokumentasi suatu acara. Dan tidak etis tentunya kalau misalnya kami memberikan tips tapi tidak ada hasil nyata dari karya kami, jadi ini dia beberapa hasil video dokumentasi yang pernah kita dokumentasikan :

[Total_Soft_Gallery_Video id=”1″]

Oke langsung saja kita mulai untuk Tips Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula :

     1. Surevey Lokasi Dokumentasi

Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula - jasadokumentasi.com, Tips Membuat Video Dokumentasi Pemula, teknik videografi, MempersiapkanUntuk Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula yang harus pertama teman – teman lakukan itu adalah survei lokasi, pada saat kita di hubungi untuk melakukan dokumentasi oleh para klien atau teman kita. Tentunya kita harus tahu lokasinya di mana, seberapa besar ruangannya dan dari informasi seperti itu kita bisa cari atau search di Google agar kita bisa tahu kemana aja yang harus kita ambil dan acaranya itu bertujuan untuk apa.

Jadi dengan kita mengetahui informasi-informasi seperti itu tentunya sangat membantu untuk kita untuk menjadi suatu gambaran bagi kita untuk melakukan satu dokumentasi, sehingga sebelum kita melakukan dokumentasi kita sudah melakukan persiapan atau preparation.

 

     2. Membuat Tim/Menyiapkan Tim Dokumentasi

Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula - jasadokumentasi.com, Tips Membuat Video Dokumentasi Pemula, teknik videografi, Mempersiapkan Peralatan KameraSebelum kita melakukan dokumentasi tentunya kita akan melakukan survey lokasi terlebih dahulu seperti sebelumnya,  dan apabila tidak memungkinkan untuk melakukan dokumentasi sendiri lebih baik kalian membentuk suatu tim dua atau tiga orang, karena kenapa? kalau misal acaranya yang besar dan ruangannya itu besar, maka kita perlu beberapa kamera dan beberapa lensa diantaranya ada yang mengurus di bagian Wide Angle, dibagian Beauty Shoot dan ada juga di bagian Tele.

Jadi kalau misalnya anda mau dokumentasi sendiri dengan acara yang begitu besar, tentunya akan kewalahan bagi kalian. Jadi saran kami lebih baik kalian membentuk tim dua sampai tiga orang itu tergantung dengan acara yang kalian akan dokumentasikan.

 

     3. Membuat Shortlist Dokumentasi

Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula - jasadokumentasi.com, Tips Membuat Video Dokumentasi Pemula, teknik videografi, Mempersiapkan Peralatan KameraNah untuk Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula yang ketiga ini kalian harus membuat Shortlist, misalnya kalian harus membuat Shortlist itu H-1 sebelum acara ataupun beberapa hari sebelum acara kalian harus membuat Shorthlist yang isinya itu:

  • Apa saja yang bisa kamu shoot atau ambil gambarnya
  • Siapa yang Edit Videonya
  • Siapa yang Memegang kamera
  • Dan lain sebagainya

Jadi dari Shortlist tersebut tentunya akan membuat suatu konsep tentang video dokumentasi tersebut tersusun dan tertata menjadi rapih. Jadi kalau misalnya kalian membuat Shortlist itu lebih bersama-sama dengan tim, mendiskusikan suatu Shortlist dan dikembangkan bersama-sama. Kenapa harus bersama-sama? Karena dengan kalian mengembangkan Shortlist itu dengan bersama-sama teman dan tim kalian tentunya akan memberikan kualitas grafis atau gambar yang lebih tersusun bagus dan baik agar dapat hasil dokumentasi yang memuaskan untuk klien kalian.

     4. Mempersiapkan Peralatan Dokumentasi

Cara Menjadi Videografer Dokumentasi Pemula - jasadokumentasi.com, Tips Membuat Video Dokumentasi Pemula, teknik videografi, Mempersiapkan Peralatan KameraH-1 sebelum acara dimulai kalian harus mempersiapkan peralatan dokumentasi sebelum acara dimulai, dan kalian harus mempersiapkan mulai dari yang utama yaitu Kamera dan Baterai.

Apabila membutuhkan tripod silahkan membawa tripod ataupun peralatan pendukung lainya dan apabila kalian ingin merekam suara dari speaker acara tersebut kalian persiapkan mikrofon atau berbagai peralatan lainnya, karena untuk menghindari ketinggalan peralatan.

Jadi H-1 kalian sudah mempersiapkan peralatannya dalam satu tempat dan di cek semua satu persatu, Supaya kalian pada saat hari H itu tidak ada peralatan yang sama sekali ketinggalan kalian dan lebih baik mempersiapkan H-1 peralatan peralatan kamera kalian.

     5. Mengambil Video Dokumentasi Sebanyak dan Sebagus Mungkin

Jadi yang ke-5 ini kalian harus mengambil video sebanyak dan sebagus mungkin, percuma kalau misalnya video yang kalian ambil banyak banget tapi tidak bagus. jadi keduanya itu harus Balance atau sama rata.

Jadi pada saat hari H kalian dokumentasi lebih baik kalian harus banyak mengambil variasi Angel. Gunanya apa? Kalau pada saat editing itu sangat membantu karena untuk mencegah kurangnya Klip atau Footage Video, karena dari pengalaman yang kami rasakan pada saat editing itu kadang kala ada beberapa video, bukan hanya beberapa bahkan cukup banyak video Itu salah dalam mengambil Angle terutama bagi videografi pemula.

Untuk Tipsnya misalnya kalian jangan menggunakan Movement pakai tangan, lebih baik Kalau misalnya kalian ingin melakukan Movement di satu video kalian tahan atau hold lengan kalian di bagian siku ke badan dan yang bergerak movement itu adalah tubuh atau badan kalian, perlu di ingat yang bergerak itu adalah tubuh atau badan kalian bukan tangan, karena pasti akan berbeda kestabilannya.

     6. Evaluasi

Yang ke-6 ini adalah Evaluasi. Setelah acara selasai kalian wajib melihat Klip-Klip gambar hasil dokumentasi kalian atau mendiskusikan kembali lalu dilanjutkan dengan sesi editing, kalau mau lanjut langsung editing atau H plus 1 editing itu tergantung dari kalian, Tapi pada saat editing kalian bisa juga melakukan bersama-sama. Gunanya apa? karena di sini konteksnya pemula Jadi kalian harus mengevaluasi kembali video-video apa dan apa kesalahan-kesalahan yang kalian lakukan dalam hasil dari video kalian. Tujuannya Apa? tujuannya supaya pada saat dokumentasi selanjutnya kualitas dari video yang kalian miliki itu jauh lebih bagus, karena tanpa adanya Evaluasi ya kalian mungkin merasa “ya bodo amat” gitu.

Lalu untuk editing, pada saat editing itu video dokumentasi kalian menggunakan Transition yang harus disesuaikan dengan konsepnya, agar terlihat bagus dan memuaskan. Karena kalau tidak sesuai itu kesannya tidak profesional banget, apalagi yang mengeksekusinya pemula jadinya kesannya seperti main-main dalam dokumentasi, padahal dalam dokumen tersebut kita dokumentasikan suatu acara dalam suatu video apalagi video dalam durasi 1 menit. Jadi video dalam durasi 1 menit itu harus benar-benar video-video yang memiliki kualitas super duper bagus.

Jadi tips buat kalian yang Videografi pemula sering-seringlah melakukan dokumentasi acara ikut teman-teman dokumentasi acara walaupun Terkadang ada yang gak dibayar kalian ikut saja dokumentasi. Gunanya apa? kan kalian ingin belajar mengenai videografi terutama di bagian dokumentasi acara, jadi manfaatin keberadaan kalian diajak temen atau kalian Ikut teman walaupun kalian tidak dibayar tapi kalian belajar dari profesional.

Jadi bagi videografi pemula walaupun Shot kalian sedikit yang dipakai dalam editing, Tapi percayalah semakin sering kalian dokumentasi acara ikut temen dokumentasi acara walaupun gak dibayar, di situlah kalian belajar Kenapa video kalian tidak digunakan, karena ada berbagai kesalahan yang fatal terutama kalau video 1 menit kesalahan fatal itu tidak mungkin dimasukkan dalam video tersebut.

Jadi tips dan saran kami, sering-seringlah mengotak-atik settingan kamera, kalian ikut dokumentasi dan Lebih banyak lebih baik dan Kalau bisa kalian handle juga editingnya. Kenapa? kalau bisa kalian ngeshoot dan kalian bisa editing juga itu jauh lebih bagus, karena kalian bisa tahu konsepnya apa kalian yang membuat konsepnya itu seperti membuat alur cerita jadi dari situlah kalian membangun alur cerita tersebut dari awal acara di akhir acara dan kadangkala bagi editor itu hal tersebut adalah suatu yang mengasyikkan.

Jadi itu ada beberapa tips untuk videografi pemula untuk melakukan dokumentasi acara-acara kecil maupun acara-acara besar. Kalian Belajar kalian coba kenapa tidak, kalau misal jelek kali mencoba lagi sampai bagus. Itulah tujuan kalian untuk menjadi seorang videografer.

Jadi sekian tips dari jasadokumentasi.com , semoga bermanfaat bagi kalian dan semoga kalian bisa mengevaluasi dan mengimprove teknik videografi kalian.

Jika kalian membutuhkan Jasa Dokumentasi Profesional segera Hubungi Kami disini